Mengamati Statistik Akses URL Situs pada Proxy Server dengan Squid Analysis Report Generator (SARG)


Squid Analysis Report GeneratorMelanjutkan tulisan saya tentang Proxy Server Linux dan Redirect Proxy Server Linux dengan Squidguard, untuk menambahkan fitur agar lebih mudah mengamati statistik URL situs dari client yang mengakses Internet menggunakan proxy server Linux (Squid), maka kita dapat menggunakan sebuah software Open Source Squid Analysis Report Generator (SARG). Selain SARG, anda juga dapat menggunakan Webalizer. Dalam kesempatan lain akan saya tuliskan artikelnya. Definisi SARG dari sumber resminya menyebutkan “Sarg is a Squid Analysis Report Generator that allow you to view “where” your users are going to on the Internet. Sarg generate reports in html, with many fields, like: users, IP Addresses, bytes, sites and times.”
Tujuan sebenarnya saya menggunakan SARG ini adalah untuk melihat statistik daftar situs yang paling banyak dikunjungi oleh user di tempat kerja saya, yang selanjutnya menjadi sebuah laporan bagi saya dan rekan-rekan IT yang lainnya dalam mengetahui kecenderungan user dalam mengunjungi internet. Bagusnya lagi, statistik tersebut bisa dimunculkan dalam bahasa Indonesia, karena SARG sudah mendukung bahasa Indonesia.
Dalam prakteknya, saya menggunakan SARG bersama dengan Webmin pada distro Linux Fedora yang saya gunakan sebagai proxy server. Mengenai Webmin sendiri, sudah menyediakan modul SARG ini (saya jadi teringat bahwa saya menambahkan fitur ini karena saya melihat adanya modul SARG pada Webmin yang saya gunakan. Bukan kebalikannya. Hehe…)
Persiapan sistem yang perlu dilakukan adalah webserver kita sudah berjalan dengan baik, dan lokasi access.log squid sudah kita ketahui. Karena intinya adalah merubah laporan access.log squid (dalam flat file) menjadi lebih mudah kita baca dan pahami.
Berikut langkah-langkah yang saya lakukan:
1. Download source code SARG (dalam format tar.gz) dari http://www.sarg.sourceforge.net
2. Ekstrak aplikasinya dan membaca README
3. Instal dan konfigurasikan
4. Membuat direktori untuk hasil laporan, saya beri nama squid-reports di dalam root direktori web server.
Pada situasi saya, root direktori web server adalah di /var/www/html, dan lokasi direktori untuk output SARG adalah di /var/www/html/squid-reports
5. Melihat output dengan menggunakan browser dengan URL: http://[nama-web/proxy server]/squid-reports
Untuk instalasinya, lakukan dengan cara berikut (baca README):
1. ./configure
Pilihan (option) yang tersedia untuk proses configure ini adalah:
configure options: –enable-bindir – dimana lokasi binary sarg akan disimpan, default: /usr/bin
–enable-sysconfdir – dimana lokasi direktori konfigurasi, default: /usr/local/sarg
–enable-htmldir – dimana lokasi root direktori web server, default: /var/www/html
–enable-mandir – dimana lokasi manual page untuk sarg man akan disimpan, default: /usr/local/man/man1
2. make
3. make install untuk menginstall paket
4. Konfigurasikan dengan edit file /usr/local/sarg/sarg.conf atau menggunakan webmin
Untuk mulai mengkonfigurasi, maka kita perlu login ke Webmin agar lebih mudah konfigurasi karena berbasis web (atau Anda dapat mengedit file konfigurasinya langsung):
- pilih bagian Server
- pilih lagi Squid Analysis Report Generator (SARG)
Konfigurasi minimal yang perlu dilakukan pada file /usr/local/sarg/sarg.conf adalah: (jika Anda mengedit manual)
language Indonesian
access_log /usr/local/squid/var/logs/access.log
output_dir /var/www/html/squid-reports
report_type topusers topsites sites_users users_sites date_time denied auth_failures site_user_time_date downloads
www_document_root /var/www/html

No comments


Banner