Selamat membaca

semoga bermanfaat
Powered by Blogger.

Followers

Profil Admin

My Photo
aku suka sama petualangan

Menggambar Fanart dengan Adobe Photoshop

Menggambar Fanart dengan Adobe Photoshop
Buat yang sudah terbiasa menggambar di kertas secara manual pasti ingin juga menggambar secara digital, atau ini dikenal dengan nama digital painting. Ada banyak program untuk digital painting, namun Adobe Photoshop masih jadi juaranya. Di situs-situs seperti Deviantart juga bertebaran fanart atau karya-karya grafis yang diupload hampir setiap saat. Bagi yang berjiwa seni kini makin dipermudah dengan adanya program grafis seperti Adobe Photoshop, Corel Painter dan lain sebagainya. Kali ini akan saya ingin paparkan cara menggambar secara digital dengan Adobe Photoshop, kali ini saya akan menggambar fanart dari salah satu karakter Final Fantasy.


Step 1
Seperti biasa, langkah awal pastilah harus membuat sketsa terlebih dahulu. Sebelum mulai menggambar salah satu tokoh favorit saya, Vincent Valentine. Pertama buat layer baru dengan klik new layer, namai dengan ‘layer sketsa’. Kemudian gambar sketsanya secara langsung pada dokumen Adobe Photoshop dengan ukuran 3636 x 2657 pxl. Dengan menggunakan Brush dengan tipe Hard atau Soft Brush berukuran 2-10 px.
Step 2
Langkah selanjutnya, buat layer baru di bawah layer sketsa. Ini agar sketsa yang kita buat tidak tertutup / hilang ketika mengisi backgroundnya. Namai layer Background > Isi layer background dengan cara klik Fill bucket tool dan pilih warna biru dengan kode #6B7D95. Setelah itu buat layer baru lagi di atas layer sketsa, aktifkan brush tool, pilih tipe Hard Round Brush dengan setting Opacity 15-45 % dan Flow 50 %. Usapkan warna-warna yang diambil dari palet warna pada gambar ke bagian wajahnya. Variasikan warna dan kepekatan / opacity serta ukuran brush agar warna tercampur dengan baik.
Step 3
Buat layer baru lagi setiap kali mewarnai objek yang baru. Buatlah satu per satu layer warna untuk memisahkan proses pewarnaan. Contohnya buatlah layer dengan nama-nama berikut : Layer wajah, layer background, layer rambut, layer mata, layer alis, layer baju dan layer ikat kepala. Dengan mewarnai pada masing-masing layer akan mempermudah memperbaikinya bila terjadi kesalahan.
Step 4
Setelah membuat layer-layer tersebut, warnai layer dengan warna-warna dalam gambar palet warna. Ambil warna dalam palet dengan menggunakan Colorpicker atau klik Alt-klik pada contoh warna. Pada layer baju. Gunakan hard round brush dengan opacity 100 % dan gunakan warna-warna dalam palet. Setelah itu warnai bagian rambut dan ikat kepala dengan Hard Round Brush dengan opacity 100 %.
Step 5
 Setelah warna-warna tersebut terlihat pas, maka saatnya blending. Caranya bisa menggunakan smudge tool atau dengan Soft Round Brush. Disini saya pakai Soft Round Brush karena lebih cepat dan mudah. Setting brushnya adalah Opacity 20-30 % flow 30 – 50 % kemudian usapkan pada garis-garis yang masih kasar. Supaya mudah mencocokkan warna, gunakan colorpicker dengan cara ‘Alt-klik pada warna yang akan diambil’. Setelah itu usapkan pada daerah yang masih terlihat garis-garis kasarnya.
Step 6
 Untuk mewarnai rambutnya, dowload dulu brush hair disini. Setelah download, pilih brush hair dengan setting opacity 20-50 %, gambar rambutnya dan variasikan warna dan ukurannya. Sesuaikan warna lighting dan shadownya.
Step 7
Untuk mewarnai kostumnya, pakai saja Soft Round brush dengan setting 20-55 %. Pakai warna yang lebih terang untuk bagian yang terkena cahaya dan pilih warna gelap untuk bagian yang minim cahaya.
 Step 8
Selanjutnya warnai ikat kepalanya sama dengan langkah 7, setelah selesai tambah tekstur untuk ikat kepalanya. Caranya dengan filter > Noise > add noise > amount 40 % > OK.
Selesai. :)

0 comments

Silahkan Beri Komentar Saudara...

Banner

Facebook Fans

Template Oleh trikmudahseo